Tips membuat hasil foto menjadi lebih baik (Basic photography 3)


Setelah tips dan trick sebelumnya maka usaha lainnya untuk memperbaiki tampilan sebuah foto yaitu dengan memperhatikan latar depan/ foreground dan latar belakang/ background. Dua hal ini bekerja dalam hal memperkuat kesan dimensi dalam foto. Secara umum kita sering menghindari penempatan latar depan dan sering tidak memperhatikan latar belakang, jika lebih cermat kedua elemen ini dapat memperkuat cerita pada foto yang anda tampilkan.

1. Memperhatikan latar depan/ foreground.
Prinsipnya latar depan dimasukkan kedalam bagian komposisi untuk menambah kesan indah, menguatkan cerita dari subjek, dan menguatkan kesan dimensi foto. Latar depan dapat hanya menempati porsi kecil dari komposisi atau juga mengelilingi hampir seluruh bagian foto yang sering disebut framing. Jadikan kemungkinan untuk memasukkan latar depan jika hanya latar depan ini menunjang keseluruhan tampilan foto. Sebab kalau salah penempatan latar depan dapat juga mengurangi kekuatan subjek. Untuk lebih mudahnya, bisa memperhatikan contoh-contoh foto dibawah ini:

foreground andi sucirta tips and tricks beratan temple
Gambar a. Pada foto ini saya memutuskan tidak memasukkan latar depan dengan alasan foto tersebut sudah memiliki kekuatan yang cukup.
Gambar b. Sebaliknya dari foto a, kali ini saya bereksperimen memasukkan sedikit bagian daun bambu yang terdapat disekitar objek pura yang saya foto. Selain menambah dimensi ternyata latar depat tersebut menambah nuansa indah tampilan secara keseluruhan.

foreground andi sucirta bali photography tips and tricks
Gambar c. Saya sengaja menempatkan sedikit bagian payung dari penari yang berdiri didepan subjek sebagai latar depan, sehingga seolah-olah subjek berada diantaranya. Hal ini membantu menguatkan dimensi foto secara keseluruhan.
Gambar d. Tetesan-tetesan air hujan pada kaca ternyata berhasil muncul sebagai latar depan yang menceritakan suasana ketika foto ini dibuat. Hal ini memperkuat cerita sekaligus menambah nilai artistik dari sebuah portrait yang sederhana.

foreground framing andi sucirta bali photography tips and tricks
Gambar e. Contoh foto yang memanfaatkan latar depan sebagai bingkai/ framing. Latar depan yang hampir mengelilingi subjek justru menjadi bingkai menarik yang berfungsi menguatkan pandangan pemirsa pada subjek foto. Keberadaan latar depan sekaligus menunjukan lingkungan kerja subjek sehingga cerita muncul dengan lebih baik.

2. Memperhatikan latar belakang/ background.
Latar belakang berfungsi sebagai ruang pengisi bagian yang tersisa dari sebuah subjek. Karena hal tersebut, sering latar belakang tidak mendapat perhatian yang cukup dibandingkan subjek itu sendiri. Namun tidak demikian halnya bagi mereka yang telah mahir, menjadikan latar belakang sebagai penguat cerita subjek merupakan sebuah tantangan. Jika keputusan memasukkan latar depan masih merupakan pilihan maka berbeda halnya dengan latar belakang yang memang harus diperhatikan ketika foto dibuat. Ada beberapa sifat latar belakang terhadap subjek yaitu: tidak berhubungan dimana biasanya latar belakang dipilih sesederhana mungkin sehingga tidak mengurangi perhatiaan dari subjek atau berhubungan dimana latar belakang berperan memperkuat cerita dari subjek.
background andi sucirta bali photography tips and tricks
Gambar f. Keberadaan latar belakang bapak yang menggendong anak pada foto ini saling mengisi cerita dengan subjek patung kertas berwujud serigala ini. Patung ini disebut ogoh-ogoh yang biasa dibuat menjelang perayaan hari raya Nyepi di Bali. Ogoh-ogoh adalah perlambang sifat jahat yang kemudian akan dimusnahkan.
Gambar g. Pada foto ini latar belakang dan depan menguatkan cerita subjek. Wanita tertawa pada latar belakang menunjukkan kontras cerita yaitu kebahagiaan dibalik ekspresi kemarahan subjek dan wanita pada latar depan dengan gesture tubuh menghindar dari subjek menguatkan kesan letupan kemarahan tersebut.

bacground variation andi sucirta bali photography tips and tricks
Gambar h, i, dan j. Rangkaian foto ini menunjukkan bagaimana pola pikir kita untuk menempatkan subjek terhadap latar belakang. Ketiganya mempunyai latar belakang sederhana dengan tujuan untuk menguatkan pandangan pemirsa pada subjek. Namun dengan memvariasikan latar belakang kita dapat memilih yang terbaik dari yang sudah baik.

Berikut ringkasan tips dan trick yang dapat anda pergunakan untuk memanfaatkan latar depan dan latar belakang guna memperoleh tampilan foto yang lebih baik:

1.Usahakan sempat mengamati subjek sebelum pemotretan dimulai, pikirkan kira-kira apa yang akan dimasukkan sebagai latar depan atau latar belakang.
2.Hindari latar depan atau latar belakang yang terlalu ramai atau mencolok dibandingkan subjek itu sendiri.
3.Hindari latar depan atau latar belakang yang tidak berhubungan dengan subjek dalam artian tidak memperkuat cerita subjek.
4.Buat beberapa eksperimen komposisi atau format pengambilan gambar (vertical/ horizontal) yang menyertakan latar depan atau belakang yang berbeda.
5.Bukaan diafragma lensa yang besar dapat dipilih untuk menyederhanakan latar belakang sehingga latar belakang tampil kabur/ blur dan subjek dapat ditampilkan dengan baik.
6.Jika mungkin, dalam memotret sebuah momen temukan latar belakang yang kiranya menarik dan menunjang subjek terlebih dahulu. Kemudiaan pemotretan dilakukan pada latar belakang tersebut ketika momen lewat di depannya.
7.Jika mungkin, variasikan latar belakang dari subjek yang difoto. Jika perlu, pindahkan subjek ketempat yang memiliki latar belakang yang menunjang tampilan secara keseluruhan. Buat beberapa pilihan latar belakang sampai diperoleh yang terbaik menurut anda.

Selamat mencoba dan bereksperimen.

Disarankan anda juga membaca tips dan trik sebelumnya untuk memperoleh pemahaman yang lebih komperhensif:
* Basic photography 1 (komposisi, angle, dll)
* Basic photography 2 (pencahayaan)

Baca Juga Yang Ini ! :



No Response to "Tips membuat hasil foto menjadi lebih baik (Basic photography 3)"

Posting Komentar

Terima kasih telah membaca artikel ini komentar anda tidak sia-sia karena blog ini bersistem DO FOLLOW. Komentar yang mengandung SPAM, SARA atau PORNO akan dihapus